Kemajuan industri game menghadirkan sebuah profesi baru bagi para gamer untuk menjadi seorang profesional. Maka dari itu, perusahaan game berlomba-lomba menggelar sebuah turnamen esports di mana para gamer profesional bisa menunjukkan kebolehannya dalam bermain game esports.

Turnamen Esports dengan Hadiah Terbesar Di Dunia

Ada beberapa turnamen dan liga esports yang digelar selama 2019, baik yang sudah berlangsung maupun yang baru akan digelar dalam waktu dekat ini. Berikut turnamen dan liga esports terbesar sepanjang sejarah dunia.

Turnamen Esports Terbesar Dunia, Hadiah Miliaran Rupiah

Turnamen Esports Terbesar Dunia

  • The International 2019

Kalau berbicara soal turnamen internasional, belum ada yang mengalahkan hadiah dari The International 2019 (TI9). Valve sebagai penyelenggara resmi menyiapkan uang sebesar 34 juta dolar Amerika atau Rp 477 miliar, bukan main! Dilansir Esportsearning, The International jadi turnamen tahunan dengan prize pool yang selalu meningkat dan jadi yang paling besar sepanjang sejarah esports. Sang juara, yaitu OG langsung melesat jadi tim esports paling kaya di tahun 2019.

  • The 2019 Fortnite World Cup Finals

Fortnite adalah game bergenre battle royal yang dikembangkan oleh Epic Games. Game esports dengan warna yang begitu colorful ini kian populer sejak pertama kali rilis di tahun 2017. Pada tahun 2019 Epic Games menyelenggarakan final dari piala dunia Fortnite yang bertajuk The 2019 Fortnite World Cup Finals. Dengan total hadiah uang tunai yang sangat besar, yakni 30,4 juta USD atau sekitar 441,5 miliar rupiah.

  • Overwatch World Cup

Sejauh ini, belum ada negara yang mampu menandingi kehebatan para pemain esports Korea Selatan. Mereka menjadi juara tiga kali berturut-turut. Perlu dicatat bahwa para pemain yang berpartisipasi menerima hadiah yang sama, yaitu sebesar US$ 16 ribu atau setara Rp 227,2 juta. Hal ini seringkali dapat mengarah pada strategi menarik dan membuat turnamen menjadi lebih kompetitif.